Selasa, 09 Oktober 2018

Hari ke - 30 : Pekan Terakhir

Tampang serius. Semua wajah sibuk melototi layar. Berhubung hari ini adalah pekan terakhir, maka saatnya setiap peserta training membuat laporan serta action plan tentang apa yang akan dilakukan di negara masing-masing setelah pulang. 

Jangan cari saya dimana 😄


Harus ada kegiatan yang dilaksanakan oleh setiap peserta, berdasarkan pengetahuan serta pengalaman yang kami peroleh selama sebulan di Kota Obihiro. Membuat analisis SWOT daerah masing-masing serta setiap organisasi peserta. Kemudian membuat laporan dalam bentuk file word, power point serta excel berdasarkan format yang tersedia. Bagaimana tidak tampang serius semua..waktu yang disediakan hanya dua hari..semua muka tegang depan layar. Sebelum lebih jauh membuat laporan untuk action plan, ada sesi konsultasi agar action plan yang direncanakan dan dilaksanakan dengan baik. Jika tidak, harus cari kegiatan/project yang lain.

Setelah seharian sibuk dengan laporan, sore hari kami menuju ke Kantor Balaikota Obihiro yang berada di pusat kota. Gedung ini lumayan besar dengan 11 tingkat. Sudah terpusat, yang berarti semua Dinas yang terkait dengan pemerintahan berada di gedung ini. 

Gedung Balaikota Kota Obihiro
Menuju ke lantai 4, kami diterima oleh Wakil Walikota Obihiro. Pada saat sambutan, beliau sempat membuat saya terharu karena menyampaikan duka yang mendalam terhadap bencana yang terjadi di Palu. Selesai sambutan, setiap peserta kemudian memperkenalkan diri menggunakan bahasa Jepang.

Hajimemashite
Indonesia no Yusuri desu komuin desu
Oaidekite ureeshi desu
Douzo yoroshiku onegaishimasu..

Yang saya paham artinya hanya baris kedua..sisanya hapalan..😆

Prosesi pemberian cinderamata kepada Wakil Walikota

Pertemuan hanya berlangsung singkat, karena kami tiba pukul 5. Sementara disini pukul 5 sudah mulai gelap dan Wakil Walikota juga memiliki kesibukan yang lain. Selesai pertamuan, kami lalu menuju ke lantai 11. Ternyata kantin. Sangat disayangkan karena sudah gelap, pegunungan yang mengitari kota Obihiro tidak dapat kami nikmati. Sebagai gantinya hanya ini..


Poster besar yang memberikan keterangan nama setiap gunung. 
Saatnya kembali ke JICA Obihiro, karena laporan sedang menunggu...


Tidak ada komentar: