Senin, 01 Oktober 2018

Hari ke - 22 : Best Practice Presentation

Biasanya hari-hari kami diisi oleh materi dari Tsuboi-san, instruktur kami. Namun hari ini, peserta yang menjadi narasumber untuk memberikan "Best Practice" atau program yang berhasil dijalankan di setiap negara peserta. 

Dimulai dari Yaman, Sudan Selatan, Nepal, Myanmar, Micronesia, Laos, Jamaica dan diakhiri dengan presentasi dari saya. Untuk 4 orang teman-teman yang lain akan diberikan kesempatan pada hari berikutnya. 

Berikut judul presentasi setiap peserta: 
Yaman : Youth Employment Support (YES)
Sudan Selatan: Small-scale Farmer (cassava)
Nepal: Coffee production, processing and marketing
Myanmar: Best Practice on Agriculture
Micronesia: Farmer Training in Micronesia
Laos: Strengthen the production of vegetables as commodities
Jamaica: JAS Marketing information system
Indonesia: Improvement of Local SMEs packaging

Khusus untuk Jamaica, mereka telah membuat suatu platform berbasis web yang dapat diakses melalui agrilinkages.com yang memberikan informasi tentang harga bahan pangan di Jamaica. Dengan adanya platform ini, setiap pengunjung dapat melihat harga serta stok yang tersedia baik itu sayuran, buah-buahan, maupun daging yang tersedia di pasar.

Setelah itu, saya pun kemudian maju untuk memberikan penjelasan tentang program yang telah kami laksanakan khususnya di Rumah Kemasan. Saya hanya menjelaskan secara ringkas tentang konsultasi serta bimbingan yang kami lakukan kepada UKM agar mereka dapat meningkatkan kualitas kemasan mereka. Dengan demikian, potensi pasar yang lebih luas dapat diraih. Ada beberapa contoh kemasan yang saya tampilkan, dan mendapatkan hasil yang positif setelah berganti kemasan dengan meningkatnya jumlah penjualan setiap bulan. Bahkan ada yang mencapai 150%. 

Semua itu tidak lepas dari jasa besar seorang relawan JICA, yang juga rekan kerja saya di kantor. Dia lah yang banyak memberikan bantuan, khususnya transfer ilmu tidak hanya kepada saya sendiri tetapi juga kepada UKM yang banyak datang ke rumah kemasan untuk konsultasi. 

Terima kasih Orita san...

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Kerrrenn.. sangat menginspirasi... goodjob yus..