Jumat, 21 September 2018

Hari ke-12 : Akuntansi

Berkutat dengan angka. Hari ini kami banyak menerima latihan tentang dasar-dasar akuntansi. Bagaimana mengelola pembukuan sederhana, dan membuat buku kas. Jika membahas masalah akuntansi tentu akan membahas perusahaan untung atau rugi. 

Tetapi dalam menentukan untung atau rugi tidak semudah itu..apalagi jika sudah memakai banyak variabel, maka akan menjadi cukup membingungkan. 

Pada intinya, ada beberapa hal penting yang kami dapatkan hari ini:
  1. Pembukan/laporan keuangan bagi UKM sangat penting untuk mengetahui apakah usaha yang dijalankan mendapatkan untung atau bahkan sebaliknya, mengalami kerugian.
  2. Apapun transaksi yang berkaitan dengan usaha, harus segera dicatat ke dalam pembukuan untuk menghindari lupa dan keuangan yang lebih terkontrol.
  3. Perlunya analisis tentang BEP (Break Even Point), atau bahasa lokalnya kembali modal agar kita dapat mengetahui berapa harga yang cocok untuk produk yang kita jual dan berapa banyak produk terjual sehingga dapat kembali modal.
  4. Bagaimana cara untuk meningkatkan profit/keuntungan? Pertama, dengan mengurangi biaya variabel (biaya tidak tetap). Dan kedua juga dengan mengurangi biaya tetap. 
  5. Laporan keuangan dapat dikatakan sebagai dashbor pada mobil. Sehingga UKM dapat memiliki pedoman dan informasi tentang perputaran kas yang terjadi di usahanya.
  6. Profit (keuntungan) memang penting bagi suatu usaha tetapi jangan menghalalkan segala cara hanya karena ingin mendapatkan profit yang besar. Hal yang paling utama adalah kepuasan pelanggan.

Tidak ada komentar: