Rabu, 26 September 2018

Hari ke - 17 : Yotsuba Milk Products

Saya sama sekali tidak menyangka pabrik susu sebesar ini didirikan oleh koperasi. Yotsuba Milk Products, Co. Ltd. Berdiri sejak 1967, Yotsuba kini telah memiliki 4 pabrik susu yang berada di Hokkaido. Salah satu nya adalah di Tokachi, merupakan pabrik terbesar tempat produksi susu segar dan keju. Karena perusahaan ini didirikan oleh koperasi, maka semua peternak sapi yang juga anggota koperasi mengirim susu perah mereka ke tempat ini. Pabrik ini telah mendapatkan sertifikasi untuk keamanan produk pangan sehingga kualitasnya terjamin. 

Produk Yotsuba Milk


Susu ukuran 200ml
Kami sempat berkeliling mulai dari tempat produksi susu, keju, hingga pengemasan setiap produk. Semua nya mekanisasi. Hanya ada beberapa karyawan yang tampak mengawasi jalannya mesin. Di tempat ini juga dipamerkan setiap kemasan mereka sejak pertama berdiri hingga kemasan terakhir yang dipakai. Aturan tetap sama, tidak boleh ada foto selama kunjungan ke dalam pabrik produksi.

Untuk kapasitas produksi, Yotsuba mampu memproduksi susu kotak segar berukuran 200ml sebanyak 80.000 pack per hari. Susu ini didistribusikan ke lebih dari 600 sekolah dasar di Hokkaido. Pabrik ini juga menjadi sarana pembelajaran bagi anak-anak sekolah yang ada di Hokkaido karena tidak lama setelah ketika kami tiba, rombongan anak-anak sekolah dasar juga baru tiba di tempat ini. 

Dengan melihat langsung proses produksi hingga pengemasan, anak-anak jadi tahu dari mana asal susu yang mereka minum selama ini di sekolah. Mulai dari pengumpulan susu dari tingkat peternak, kemudian dibawa lagi ke pabrik dan melewati beberapa proses hingga menjadi susu segar dalam kemasan yang siap minum. Anak-anak juga akan lebih menghargai makanan maupun minuman yang mereka konsumsi.


Penjelasan proses produksi

Pabrik Yotsuba Milk



Tidak ada komentar: