Kamis, 27 September 2018

Hari ke - 18 : Food Valley Tokachi



Pernah dengar Silicon Valley? Tempat lahirnya perusahaan terkenal di bidang komputer di California, Amerika Serikat. Nah, konsepnya kurang lebih sama seperti itu. Tokachi ingin dikenal sebagai "lembah" makanan, padahal sebenarnya tidak ada lembah disini. Konsep ini merupakan janji dari Walikota terpilih Obihiro ketika kampanye dulu. Dia ingin menjadikan Tokachi sebagai tempatnya makanan lezat dan sehat bagi seluruh Jepang, khususnya di Hokkaido.



Hari ini kami mendapat penjelasan tentang Food Valley Tokachi dari Pak Koshiba, seorang PNS Kota Obihiro. Program ini diinisiasi sejak Juli 2011 dan didukung oleh 42 instansi baik yang berasal dari pemerintah, swasta, perguruan tinggi, lembaga riset, lembaga keuangan serta media. Program ini telah mendapat penghargaan "Innovation Initiative Network Japan Award 2017" dari Menteri Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Jepang. 

Maksud dari Food Valley Tokachi adalah untuk mengembangkan kekuatan regional seperti industri pertanian, dengan segera menciptakan industri baru dan menyebarluaskan nilai-nilai dari Tokachi ke dunia. Tujuannya adalah untuk menciptakan usaha-usaha baru di bidang makanan yang menggunakan bahan baku asal Tokachi. Diharapkan, dengan tumbuhnya industri makanan ini akan membuat Tokachi terkenal sebagai daerah penghasil makanan yang lezat dan dapat menciptakan lapangan usaha baru. 

Salah satu upaya yang dilaksanakan dalam program ini adalah menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar Jepang untuk memakai bahan baku asal Tokachi, diantaranya Gandum, Sugar Bit, Kentang, dan Kacang Merah dalam membuat produk-produk mereka. 

Tidak ada komentar: